Bagi calon guru ataupun mahasiswa yang akan menjadi guru pasti tahu tentang RPP
RPP adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran,
Rencana yang dimaksud adalah rencana yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang ditetapkan dalam Standar Isi dan dijabarkan dalam silabus. Maka ringkasnya RPP adalah rencana operasional kegiatan pembelajaran setiap atau beberapa KD dalam setiap tatap muka di kelas. Lingkup RPP paling luas mencakup 1 (satu) Komptensi Dasar yang terdiri atas 1 (satu) indikator atau beberapa indikator untuk 1 (satu) kali pertemuan atau lebih.
Contoh dari RPP yang baik adalah seperti berikut ini
Lampiran 1.3: RPP Kelas Kontrol
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Kelas
Kontrol
Nama Sekolah : SMAN 1 Purwosari
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas / Semester : XI / II
I.
STANDAR
KOMPETENSI
2. Menggunakan
perangkat lunak pengolah angka untuk menghasilkan informasi
II.
KOMPETENSI
DASAR
2.2 Membuat dokumen pengolah angka dengan variasi
teks, tabel, grafik, gambar dan diagram
- Membuat dokumen pengolah angka dengan
melibatkan formula
III.
INDIKATOR
Siswa dapat
|
Nilai Karakter
|
1.
Mengetahui macam-macam formula string,
bentuk penulisan dan fungsinya
|
Ingin
tahu, kerja keras, mandiri,
Teliti, disiplin
|
2. Menyebutkan macam-macam formula
statistik, bentuk penulisan dan fungsinya
|
Ingin
tahu, kerja keras, mandiri,
Teliti, disiplin
|
3. Memahami bentuk penulisan formula Date and time dan fungsinya
|
Ingin
tahu, kerja keras, mandiri,
Teliti, disiplin
|
4. Menyebutkan macam-macam formula Matematika,
bentuk penulisan dan fungsinya
|
Ingin
tahu, kerja keras, mandiri,
Teliti, disiplin
|
5. Memahami fungsi dan bentuk penulisan
formula Logika
|
Ingin
tahu, kerja keras, mandiri,
Teliti, disiplin
|
6. Memahami fungsi dan bentuk penulisan dari
formula Lookup
|
Ingin
tahu, kerja keras, mandiri,
Teliti, disiplin
|
IV.
ALOKASI
WAKTU
6 Jam Pelajaran (6 x 45 Menit)
V.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
1. Siswa
mengetahui macam-macam formula string,
bentuk penulisan dan fungsimya dengan tepat.
2. Siswa
dapat menyebutkan macam-macam formula
statistik, bentuk penulisan dan fungsinya dengan benar.
3. Siswa
dapat memahami bentuk penulisan
formula Date and time dan fungsinya.
4. Siswa dapat menyebutkan macam-macam formula
Matematika, bentuk penulisan dan fungsinya dengan benar.
5. Siswa dapat memahami fungsi dan bentuk penulisan
formula Logika.
6. Siswa dapat memahami fungsi dan bentuk penulisan
dari formula Lookup.
VI.
MATERI
PEMBELAJARAN
1. Formula
String
a. Fungsi
Concantenate Ã
=CONCANTENATE(A1,B1)
b. Fungsi
Left Ã
=LEFT(A2,3)
c. Fungsi
Right Ã
=RIGHT(A2,7)
d. Fungsi
Len Ã
=LEN(A2)
e. Fungsi
Lower Ã
=LOWER(A2)
f. Fungsi
Upper Ã
=UPPER (A2)
g. Fungsi
Mid à =MID(A2,9,5)
2. Formula
Statistika
a. SUM
Ã
=SUM (A1:A9)
b. AVERAGE
Ã
=AVERAGE(A1:A9)
c. MIN
Ã
=MIN(A1:A9)
d. MAX
Ã
=MAX(A1:A9)
e. MODE
Ã
=MODE(A1:A9)
f. MEDIAN
Ã
=MEDIAN(A1:A9)
g. COUNT
Ã
=COUNT(A1:A13)
3. Formula
Date and time
a. Fungsi
Tanggal
b. Fungsi
Jam
4. Formula
Matematika
a. Fungsi
Round Ã
=ROUND(3.26, 1)
b. Fungsi
Int Ã
=INT(5.436)
c. Fungsi
Sqrt Ã
=SQRT(121)
d. Fungsi
Power Ã
=POWER(5,2)
5. Formula
Logika
a.
IF Ã =IF(C8>=75,"Lulus","Remidi")
b.
AND Ã =and(logical1,logical2,logical_ke-n)
c.
OR Ã =or(logical1,logical2,logical_ke-n)
6. Formula
Lookup
a. HLOOKUP Ã =HLOOKUP(B4,$C$13:$H$15,2)
b. VLOOKUP Ã =VLOOKUP(D2,$C$16:$E$19,2)
VII.
MODEL
PEMBELAJARAN
Pembelajaran
Kooperatif strategi Expert Group.
VIII. ALAT DAN BAHAN
-
Komputer / Laptop
-
LCD Proyektor
-
LKS (Terlampir)
-
Pembagian materi
IX.
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan 1
Tahap
|
Kegiatan Siswa
|
Kegiatan Guru
|
Alokasi waktu
(menit)
|
Kegiatan
Awal
|
- Menjawab
Salam
- Berdoa
- Konfirmasi
kehadiran siswa.
- Mendengarkan
penjelasan guru tentang tujuan pembelajaran.
- Mendengarkan
penjelasan guru tentang materi yang dipelajari.
- Mendengarkan
penjelasan guru tentang model pembelajaran dan kegiatan berkelompok yang akan
dilakukan.
|
-
Membuka kegiatan pembelajaran
-
Mengajak berdo’a.
-
Mengecek kehadiran siswa
-
Menyampaikan tujuan pembelajaran
-
Memberikan gambaran tentang materi yang akan
dipelajari kepada siswa.
-
Memberikan penjelasan tentang model pembelajaran
dan kegiatan berkelompok yang akan dilakukan.
|
5
|
Kegiatan
Inti
Pretest
Membentuk Kelompok Home
Membentuk kelompok ahli
Diskusi kelompok ahli
Diskusi kelompok home
Diskusi Kelas
|
- Siswa
mengerjakan pretest
- Siswa
membentuk kelompok home heterogen 10
kelompok, masing-masing terdiri dari 4 siswa.
- Membagi
no urut pada masing-masing siswa dalam kelompok.
- Siswa
yang mempunyai no urut sama dalam kelompok home berkumpul menjadi satu dalam kelompok ahli. Sehingga
membentuk 4 kelompok ahli masing-masing terdiri dari 10 siswa.
- Mendiskusikan
materi yang diberikan guru dengan kelompok ahli.
- Siswa
dalam kelompok ahli kembali ke masing-masing kelompok home.
- Setiap
siswa dalam kelompok home secara
bergantian menyampaikan materi yang telah diperolehnya selama dalam kelompok
ahli kepada teman kelompok home.
- Mengerjakan
LKS
- Tanya
jawab tentang LKS
|
- Memantau
dan mengawasi pelaksanaan pretest.
- Membimbing
dan memantau siswa dalam pembentukan kelompok home.
- Memberikan
no urut 1-4 pada masing-masing siswa dalam 1 kelompok.
- Membimbing
pembentukan kelompok ahli.
- Membagikan
4 macam materi yang berbeda kepada masing-masing kelompok ahli. Materi sesuai
dengan urutan berikut:
1. Fungsi
String: Left, Right
2. Fungsi
String: Lower Upper
3. Fungsi
String: Proper, Mid
4. Fungsi
string: Concatenate, len
- Membimbing
dan memantau pelaksanaan diskusi kelompok ahli.
- Memberikan
penilaian afektif dan psikomotor kepada siswa.
- Memberikan
instruksi, membimbing dan memantau pelaksanaan diskusi kelompok home.
- Memberikan
penilaian afektif dan psikomotor siswa.
- Membagikan
LKS kepada siswa
- Membahas
LKS
|
30
10
10
15
10
|
Kegiatan
Penutup
|
- Tanya
jawab tentang materi yang telah dipelajari.
- Mendengarkan
penjelasan guru
- Mengakhiri
kegiatan pembelajaran.
|
- Melakukan
refleksi dari pembelajaran yang telah dilakukan.
- Menyampaikan
materi pada pertemuan selanjutnya yaitu fungsi statistik, fungsi matematika,
dan fungsi date and time.
- Menutup
kegiatan pembelajaran
|
5
|
Pertemuan
2
Tahap
|
Kegiatan Siswa
|
Kegiatan Guru
|
Alokasi waktu
(menit)
|
Kegiatan
Awal
|
- Berdo’a.
- Konfirmasi
kehadiran siswa.
- Mendengarkan
penjelasan guru tentang tujuan pembelajaran.
- Mendengarkan
penjelasan guru tentang materi yang akan dipelajari dan mengaitkan dengan
materi sebelumnya.
- Mendengarkan
penjelasan guru tentang model pembelajaran.
|
-
Membuka kegiatan pembelajaran
-
Mengajak berdo’a.
-
Mengecek kehadiran siswa
-
Menyampaikan tujuan pembelajaran
-
Memberikan gambaran tentang materi yang akan
dipelajari dan mengaitkan dengan materi sebelumnya.
-
Memberikan penjelasan tentang model pembelajaran
dan kegiatan berkelompok yang akan dilakukan.
|
10
|
Kegiatan
Inti
Membentuk Kelompok Home
Membentuk kelompok ahli
Diskusi kelompok ahli
Diskusi kelompok home
Diskusi Kelas
|
- Siswa
membentuk kelompok home heterogen 8
kelompok, masing-masing terdiri dari 5 siswa.
- Membagi
no urut pada masing-masing siswa dalam kelompok.
- Siswa
yang mempunyai no urut sama dalam kelompok home berkumpul menjadi satu dalam kelompok ahli. Sehingga
membentuk 5 kelompok ahli masing-masing terdiri dari 8 siswa.
- Mendiskusikan
materi yang diberikan guru dengan kelompok ahli.
- Siswa
dalam kelompok ahli kembali ke masing-masing kelompok home.
- Setiap
siswa dalam kelompok home secara
bergantian menyampaikan materi yang telah diperolehnya selama dalam kelompok
ahli kepada teman kelompok home.
- Mengerjakan
LKS
- Tanya
jawab LKS
|
- Membimbing
dan memantau siswa dalam pembentukan kelompok home.
- Memberikan
no urut 1-5 pada masing-masing siswa dalam 1 kelompok.
- Membimbing
pembentukan kelompok ahli.
- Membagikan
5 macam materi yang berbeda kepada masing-masing kelompok ahli. Materi sesuai
dengan urutan berikut:
1. Fungsi
Statistik: Sum, Average, Min, Max.
2. Fungsi
Statistik: Mode, Median, Count
3. Fungsi
Matematika: Round, Int, Sqrt, Power
4. Fungsi
Date and time: Now, Today, Day,
Month, Year
5. Fungsi
Date and time: Days360, Time, Hour,
Minute, Second
- Membimbing
dan memantau pelaksanaan diskusi kelompok ahli.
- Memberikan
penilaian afektif dan psikomotor kepada siswa.
- Membimbing,
memantau pelaksanaan diskusi kelompok home.
- Memberikan
penilaian afektif dan psikomotor siswa
- Membagikan
LKS kepada siswa
- Membahas
LKS
|
10
20
30
10
|
Kegiatan
Penutup
|
- Tanya
jawab tentang materi yang telah dipelajari.
- Mendengarkan
penjelasan guru
- Mengakhiri
kegiatan pembelajaran.
|
- Melakukan
refleksi dari pembelajaran yang telah dilakukan.
- Menyampaikan
materi pada pertemuan berikutnya yaitu fungsi logika dan fungsi Lookup.
- Menutup
kegiatan pembelajaran
|
10
|
Pertemuan 3
Tahap
|
Kegiatan Siswa
|
Kegiatan Guru
|
Alokasi waktu
(menit)
|
Kegiatan
Awal
|
- Berdo’a.
- Konfirmasi
kehadiran siswa.
- Mendengarkan
penjelasan guru tentang tujuan pembelajaran.
- Mendengarkan
penjelasan guru tentang materi yang dipelajari.
- Mendengarkan
penjelasan guru tentang model pembelajaran.
|
-
Membuka kegiatan pembelajaran
-
Mengajak berdo’a.
-
Mengecek kehadiran siswa
-
Menyampaikan tujuan pembelajaran
-
Memberikan gambaran tentang materi yang akan
dipelajari kepada siswa.
-
Memberikan penjelasan tentang model pembelajaran
dan kegiatan berkelompok yang akan dilakukan.
|
10
|
Kegiatan
Inti
Membentuk kelompok
Diskusi kelompok ahli
Diskusi kelompok home
Diskusi Kelas
|
- Siswa
membentuk kelompok home dan ahli
seperti pada pertemuan sebelumnya.
- Mendiskusikan
materi yang diberikan guru dengan kelompok ahli.
- Siswa
dalam kelompok ahli kembali ke masing-masing kelompok home.
- Setiap
siswa dalam kelompok home secara
bergantian menyampaikan materi yang telah diperolehnya selama dalam kelompok
ahli kepada teman kelompok home.
- Mengerjakan
LKS
- Tanya
jawab tentang LKS
|
- Membimbing
dan memantau siswa dalam pembentukan kelompok
- Materi
sesuai dengan urutan berikut:
1. Fungsi
Logika IF
2. Fungsi
Logika AND
3. Fungsi
Logika OR
4. Fungsi
Lookup: VLOOKUP
5. Fungsi
Lookup: HLOOKUP
- Membimbing
dan memantau pelaksanaan diskusi kelompok ahli.
- Memberikan
penilaian afektif dan psikomotor kepada siswa.
- Membimbing,
memantau pelaksanaan diskusi kelompok home.
- Memberikan
penilaian afektif dan psikomotor siswa
- Membagikan
LKS kepada siswa
- Membahas
LKS
|
10
20
30
|
Kegiatan
Penutup
|
- Tanya
jawab tentang materi yang telah dipelajari.
- Mendengarkan
penjelasan guru
- Mengakhiri
kegiatan pembelajaran.
|
- Melakukan
refleksi dari pembelajaran yang telah dilakukan.
- Menyampaikan
rencana posttest pada pertemuan
berikutnya.
- Menutup
kegiatan pembelajaran.
|
10
|
Pertemuan 4
Tahap
|
Kegiatan Siswa
|
Kegiatan Guru
|
Alokasi waktu
(menit)
|
Kegiatan
Awal
|
- Berdo’a.
- Konfirmasi
kehadiran siswa.
- Mendengarkan
penjelasan guru tentang kegiatan posttest
yang akan dilaksanakan.
- Mendengarkan
penjelasan guru.
- Menanyakan
materi yang kurang dipahami
|
-
Membuka kegiatan pembelajaran
-
Mengajak berdo’a.
-
Mengecek kehadiran siswa
-
Menjelaskan kepada siswa tentang ketentuan posttest yang akan dilakukan
-
Mengulas materi yang telah dipelajari secara umum.
-
Memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya
|
10
|
Kegiatan
Inti
Posttest
Membahas soal posttest
|
- Persiapan
Posttest
- Mengerjakan
soal posttest
- Mendengarkan
penjelasan guru
- Bertanya
untuk soal dan materi yang belum dimengerti
|
- Mempersiapkan
kegiatan posttest.
- Membagi
soal dan lembar jawaban kepada siswa.
- Memantau
dan mengawasi pelaksanaan posttest
- Membahas
soal posttest kepada siswa
|
10
30
30
|
Kegiatan
Penutup
|
- Mendengarkan
penjelasan guru
- Mengakhiri
kegiatan pembelajaran.
|
- Melakukan
refleksi terhadap kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan.
- Menutup
kegiatan pembelajaran
|
10
|
X.
SUMBER
BELAJAR
1. Pembagian
materi
2. Lembar
Kegiatan Siswa
XI.
PENILAIAN
HASIL BELAJAR
Teknik Penilaian:
1. Penilaian
tes tertulis
Bentuk
Instrumen: tes pilihan ganda sebanyak 30
butir soal
Kisi-Kisi
dan Soal Terlampir
2. Observasi
Observasi
digunakan untuk melakukan penilaian psikomotorik dan afektif siswa.
Bentuk Instrumen:
Lembar Observasi Psikomotorik dan Lembar Observasi Afektif.
Kriteria
skor penilaian dan rumus penilaian terlampir.
Lembar
Observasi Psikomotorik
No
|
Nama Siswa
|
Indikator
|
Skor Perolehan
|
|||
Mengerjakan Tugas
|
Menyiapkan dan merancang tabel
|
Keterampilan mempraktikkan penulisan rumus
|
Keterampilan mengolah rumus
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
Lembar
Observasi Afektif
No
|
NAMA
SISWA
|
INDIKATOR
|
Skor Perolehan
|
|||||
Kehadiran siswa
|
Kedisiplinan
|
Kerapian
|
Kesungguhan mengikuti pelajaran
|
Menyelesaikan tugas
|
Keaktifan di kelas
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pasuruan,
9
Januari 2012
|
|
Mengetahui,
|
Peneliti,
|
||
Guru
Mata Pelajaran
|
|
|
|
(Lutfi
Ansori, S.Kom)
|
|
(Putri Khoirin Nashiroh)
|
|
NIP.
|
|
NIM. 108533414493
|
|
Semoga Tulisan saya bermanfaat dan apabila ada kekurangan silakan anda berkomentar ...
Terimakasih..
Terimakasih..
Tedy Sanjaya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar